SELAMAT DATANG... di Blog DPRa PKS Kalianyar semoga semua tulisan yang ada diblog ini bermanfaat

Selasa, 13 Desember 2011

Renungan Jum’at

Oleh Ust. Triwicaksana

PKS Kalianyar - Jika malam hari dipenuhi dengan banyak kebaikan, maka rasa tenangpun masih menyelimuti hingga pagi hari.. Met pagi semua.. :)

Rasulullah SAW : “Bacalah Al Qur’an sesungguhnya ia akan datang di hari kiamat menjadi syafaat bg pembacanya.” (HR. Muslim) Sahabat.. hadits tersebut menjelaskan salah satu keutamaan dalam membaca Al Qur’an, dimana kelak ia akan menjadi syafaat. Keutamaan lain bagi mereka yang mahir membacanya, akan dikumpulkan bersama para malaikat yang mulia lagi berbakti. Sedangkan yang masih terbata-bata dan merasa berat (belum fasih) dalam membacanya, maka ia akan mendapat dua ganjaran.

Untuk mereka yang sudah bisa mempelajarinya dan mengajarkannya kembali, maka ia disebut sebaik-baiknya manusia. Rasulullah bersabda : “Sebaik-baik kalian yaitu orang yang mempelajari Al Qur’an dan mengajarkannya.” (HR. Bukhari). Dahulu, para sahabat senantiasa menghidupkan waktu malam harinya dengan beribadah kepada Allah, membaca ayat-ayatNya.

Dikisahkan pada suatu malam, seorang sahabat sedang membaca Al Qur’an, tiba-tiba dikagetkan oleh suara kudanya yang bergerak kencang. Lalu ia berhenti membaca Al Qur’an, kuda tersebut pun berhenti bergerak. Ketika ia melanjutkan bacaannya, kuda itu bergerak lagi. Esoknya sahabat tersebut menceritakan kejadian itu kepada Rasulullah. Mendengar cerita itu, Rasul tersenyum lalu berkata,

“Sesungguhnya malaikat senang mendengarkan bacaan Al Qur’an mu. Mereka datang berbondong-bondong untuk mendengarkan. Mereka memenuhi rumahmu sehingga tidak ada ruang untuk kudamu...” 

Itulah gambaran bagi mereka yg merdu & khusyuk membacanya.

Sahabat.. mari kita hidupkan hari-hari kita dengan membaca Al Qur’an. Jangan biarkan ia hanya menjadi penghias lemari buku saja. Jika membacanya saja sudah dipenuhi dengan keutamaan, maka mengamalkannya pasti akan lebih dipenuhi banyak kebaikan. ■

sumber : islamedia.web.id